Rabu, 04 Maret 2015

Cara Membuat Tape Singkong

 Cara Membuat Tape Singkong.


 Pembuatan tape singkong  melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya.walaupun kelihatannya simple namun  Pembuatan tape singkong  tidak sederhana yang kita pikirkan Ada dua teknik Pembuatan tape singkong  yang menghasilkan tape singkong  biasa, yang basah dan lunak, dan tapai kering, yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan.ingin tahu cara Pembuatan tape singkong  baiklah saya akan jelaskan secara sekilas tentang Pembuatan tape singkong  secara sederhana hingga bisa membedakan mana tape singkong dan mana.
Alat yang di perlukan dalam Pembuatan tape singkong  :
1.    Baskom
2.    Panci Kukus
3.    Penyaring
4.    Piring
5.    Pisau
6.    Sendok & Garpu
Bahan yang dibutuhkan dalam Pembuatan tape singkong  :
1.    Air secukupnya
2.    Daun pisang
3.    Ragi yang telah dihaluskan
4.    Singkong 2 kg
Cara pembuatan tape singkong :
1.    Siapkan semua bahan.
2.    Kupas singkong dan kikis bagian kulit arinya hingga kesat.
3.    Potong singkong yang telah dikupas sesuai keinginan.
4.    Cuci hingga bersih semua singkong yang telah dipotong tadi.
5.    Sementara menunggu singkong kering, masukkan air ke dalam panci sampai kira – kira terisi seperempat lalu panaskan hingga mendidih.kemudian
6.    Setelah airnya mendidih masukkan semua singkong ke dalam panci kukus tadi, lalu kukus hingga singkong ¾ matang, kira – kira ketika ‘daging’ singkong sudah bisa ditusuk dengan garpu.
7.    Setelah matang, angkat singkong yang telah ¾ masak lalu taruh di suatu wadah, kemudian didinginkan.
8.    Lalu siapkan  wadah sebagai tempat untuk mengubah singkong menjadi tape. Wadah itu terdiri dari baskom yang bawahnya dilapisi dengan daun pisang.
9.    Setelah singkong benar – benar dingin, masukkan singkong ke dalam wadah lalu taburi dengan ragi yang telah dihaluskan dengan menggunakan saringan Singkong yang telah diberi ragi ini kemudian ditutup kembali dengan daun pisang. Singkong ini harus benar – benar tertutup agar mendapatkan hasil yang maksimal.
10.  Setelah singkong ditutupi dengan daun pisang, diamkan selama 1-2 hari hingga sudah terasa lunak dan manis. Saat itulah singkong telah menjadi tape.
Demikianlah proses Pembuatan tape singkong  secara sederhana moga Pembuatan tape singkong  ini bisa anda pelajari dengan mudah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar